Minggu, 03 Juli 2016

WISATA AIR TERJUN SIPISO-PISO SUMATERA UTARA



Kali ini saya akan membagikan artikel menarik tentang objek wisata air, yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumatera. Daya tarik wisata ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat lokal yang ada di Sumatera Utara, wisatawan nusantara dan wisatawa mancanegara. Wisata air terjun ini berlokasi di kecamatan Merek, kabupaten karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk yang ada di Desa Tongging.



Nama air terjun yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo ini memiliki makna yang khas. Kata sipiso-piso berasal dari bahasa karo yang artinya pisau. Derasnya air yang berjatuhan dari bukit dengan ketinggian di atas seratus meter ini diumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo.


Panorama yang ada di air terjun ini sangat indah dengan udara yang sejuk karena berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Pengelolaan wisata alam air terjun ini dikelola oleh Pemda Kabupaten Karo. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter atau sekitar 360 kaki sebelum mengalir ke Danau Toba. Air Terjun Sipiso-Piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Yang menarik wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-Piso yang tinggi.


Anda akan terkagum-kagum dengan pesona Air Terjun Sipiso-piso, ketika Anda berada di Desa Tongging, tempat di mana air terjun ini berada. Akan tetapi sebelum Anda melihat air terjun ini dari dekat, berkunjunglah di gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Dari puncak bukit gardu pandang ini anda dapat melihat dan menikmati keindahan Tanah Karo dan pulau Samosir yang berada ditengah Danau Toba.


Untuk dapat mencapai dasar air terjun ini memakan waktu sekitar 1 jam, dengan menelusuri jalur dari punggungan bukit. Anda tidak perlu khawatir pada saat melewati jalurnya karena sudah disediakan jalur yang berupa anak tangga dan memang disediakan untuk para wisatawan. Dalam perjalanan Anda dapat melihat pemandangan yang sungguh menawan, sehingga sayang rasanya untuk melewatkan begitu saja tanpa diabadikan dengan berfoto-foto yang memuat latar belakang Danau Toba. Pemandangan bukit-bukit yang ada disekeliling air terjun menambah indah suasana liburan Anda. Dengan perpaduan hijaunya pepohonan pinus yang rimbun dan suara gemuruh air terjun, membuat suasana hati dan pikiran Anda terasa damai dan tenteram.



Setelah puas bercengkrama dengan keindahan Air Tejun Sipiso-Piso dan pemandangan hijau pohon  pinus, anda dapat menikmati makanan khas dari Karo, salah satunya aneka olahan ikan Payau seperti ikan gurame asam manis dan arsik ikan mas yang kaya akan aneka rempah yang pastinya menggugah selera makan seluruh anggota keluarga dengan harga yang terjangkau.


Untuk dapat mengakses daerah wisata Air Terjun Sipiso-Piso ini Anda dapat menggunakan transportasi umum dari Medan, Sumatera Utara. Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km. Waktu yang cukup panjang memang bila untuk mengunjungi satu objek wisata saja, akan tetapi akan terbayar bila sudah sampai di dasar air terjunnya. Disepanjang perjalanan Anda dapat melihat dan menikmati jalan yang berkelok dikelilingi hutan yang rindang juga objek wisata lain yang sejalan seperti Berastagi.


Keinginan Anda dalam berwisata di Air Terjun Sipiso-piso ini dapat terpuaskan, karena daerah pawisata ini memiliki beberapa fasilitas yang mendukung, seperti tersedianya lahan parkir dan warung makan. Untuk penginapan Anda bisa menemukannya di Desa Tongging dan Desa Kabanjahe. Bila Anda ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat atau teman, Anda bisa membelinya di toko souvenir yang ada di tempat wisata ini. Ada banyak kerajinan tangan yang dijual dengan harga yang murah, seperti gantungan kunci, aneka ukiran, baju, buah-buahan khas dan Ulos (pakaian khas Karo). Anda juga dapat melakukan proses beli dengan tawar-menawar sampai Anda mencapai kesepakatan dengan penjual dan mendapatkan harga yang diinginkan.  Jika Anda masih punya banyak waktu, Anda dapat menyempatkan berkunjung ke Air Terjun Dua Warna yang berada tidak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda, semoga liburan Anda menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar